Friday, March 29, 2013

Merajut bunga mawar

Bunga khususnya bunga mawar merupakan bunga favorit kaum perempuan. Bunga favorit saya sih bunga padang rumput. Lebih keren buat saya. Tapi kesukaan orang kan beda-beda ya, dan pola bunga rajutan yang tersedia adalah bunga mawar. Jadi ayo merajut bunga mawar. 

Saya punya beberapa pola merajut bunga mawar. Salah satunya ini. Membuatnya mudah dan hasilnya cantik. Cuma, tetep ada cumanya. Kita harus menggulungnya, menjahitnya hingga berbentuk bunga mawar. Nah, saya malas banget bikin finishing touch-nya. Jadi banyak yang meminta bahkan mau membeli, tapi saya tolak, karena saya malas pindah dari jarum rajut ke jarum jahit. Apalagi kemudian memasang atau menjahit peniti bros. Nanti kalau sudah mood memegang benang dan jarum jahit untuk menyatukan, baru saya pegang, he he he.

Benang yang saya gunakan adalah benang wol berukuran cukup tebal, sehingga hasil akhirnya cukup besar.  I used thick worsted yarn, so the result is a very big rose. 
Nah, ini polanya:
1. Buat tali air, tusuk rantai atau chain (pola bule pakai istilah ini) sebanyak 57 buah. 
Tapi banyaknya tusuk rantai ini tergantung dari besar atau kecilnya bunga mawar yang kita ingin buat. Dan juga tebal atau tipisnya benang yang kita gunakan. Saya membuat mawar dengan menggunakan dua jenis benang, dan hasil ukurannya jelas berbeda. Ha ha ha, namanya juga orang iseng dan senang bereksperimen. Lagipula benang yang kita beli di pasar sering berbeda. Jadi ukurannya juga akan berbeda.

2. Oh, ya, sebelum membuat tali air atau tusuk rantai, sisakan benang di ujungnya sepanjang 20-25 cm. Gunanya nanti, sisa benang di awal tali air akan digunakan untuk merajut atau menyatukan mawar sehingga menjadi mawar yang diinginkan. 

3. Setelah tusuk rantai mencapai hitungan 57, buat double crochet pada titik keenam dari tusuk rantai terakhir (nanti saya kasih tau cara membuat double crochet dan saya buat link ke artikel ini). 

4. Lalu buat 2 tusuk rantai, masukkan jarum ke titik ketiga dari lubang yang ada double crochet pertama. Jadi ada jarak dua lubang antara double crochet yang satu dengan double crochet kedua. Buat dua tusuk rantai, lalu ambil benang untuk membuat double crochet, masukkan di lubang yang sama. Nanti hasilnya akan terlihat seperti segitiga.

5. Lanjutkan sampai lubang dengan double crochet nya berjumlah 36 buah. Hal ini akan membuat lubang-lubang di rajutan tersebut dan terlihat melinting.

5. Buat 3 tusuk rantai, balik. 

6. Buat 5 double crochet yang dimasukkan ke bawah lubang-lubang yang sudah kita buat tadi.  Setelah selesai 5 double crochet di satu lubang, pindah ke lubang yang lain. Buat single crochet di lubang setelahnya. Sehingga membentuk lengkungan seperti kelopak. Lakukan hingga semua lubang terisi dengan double crochet.

Rajutan bunga mawar yang sudah jadi. Saya membuatnya dari  benang wol tebal buatan Jerman, tapi belinya di Kuala Lumpur Malaysia. Hasil jadinya ternyata sebesar Blackberry saya, ha ha ha.  


7. Jika selesai, matikan rajutan dengan cara memasukkan benang ke dalam rajutan. 

8. Gulung rajutan, hingga membentuk mawar. Jahit untuk menyatukan gulungan tersebut dengan benang yang kita sisakan sejak awal. 

9. Mawar bisa kita jadikan bros, bisa juga kita jahit ke topi, syak, baju pokoknya tempat-tempat yang mungkin deh. Suka-suka kita, lah :D    

Kumpulan bunga mawar yang saya buat dari benang rajut katun. Yang besar, saya buat dengan  tusuk rantai sebanyak 57 pc sesuai pola. Yang di bagian belakang atau mawar kecil saya buat dengan mengurangi jumlah tusuk rantai.
Crocheted rose I made from cotton yarn. The big roses were made accordingly to the original pattern 57 chains. I decreased the number of chains to make the small roses. 


No comments:

Post a Comment