Sunday, April 14, 2013

Tatakan gelas dari kantong kresek


Sudah bertahun-tahun saya menolak pakai kantong kresek. Bahkan sebelum ada kampanye anti tas plastik. Jadi kalau belanja, barang yang saya beli langsung masukkan ke tas saya,  atau saya gabung dengan belanjaan yang lain. Meski demikian, tetap saja tumpukan plastik  kresek di rumah tak terhindarkan. Sebagian saya berikan ke warung dekat rumah, yang agak besar saya re-use dan jadikan tempat sampah.

Nah, kali ini kantong kresek saya ubah jadi tatakan gelas. Kantong plastik yang tipis saya potong-potong dengan lebar kurang lebih 2-3 cm memanjang, lalu diikat satu sama lain dan dirajut. Polanya sederhana saja, malah sebenarnya gak pakai pola, jadi suka-suka saja, ketemu polanya pas mau bikin.

Kalau anda tidak bisa merajut, dikepang saja atau gunakan teknik macrame yang diajarkan jaman kita SMP dulu. Jangan minta saya untuk membuat tatakan gelas ini ya, karena saya mengajarkan cara merajut di blog saya yang namanya ada di foto tersebut.
Mudah-mudahan langkah kecil ini bisa membantu mengurangi sampah dan menjaga lingkungan hidup.

Tatakan gelas dari kantong kresek. Coaster from plastic bags.

Coaster from used plastic bags - I am trying to use plastic bags as minimum as possible for years and deny to be given plastic bags if I buy something. However the plastic bags are still tons at home. I share it to the small warung close to home. And I re-use some thin plastic bags into something - Coaster!!. 

Cut the plastic bags like a rope, tie and crochet it. 

Don’t ask me to make this coaster for you :) I will teach you how to crochet it in my blog www.merajut-itu-asyik.blogspot.com. If you can’t crochet, you still have opportunity to re-use those, you can try “kepang” techniques or macrame. Google and youtube provide some lessons about this. A small step to reduce plastic garbage and to protect environment.


No comments:

Post a Comment